Syarat Kepemilikan Airsoft Gun serta Prosedur Penggunannya Posted in: Uncategorized

Kalau mau aman, nyaman, dan sukses, maka hormatilah peraturan. Baca peraturan, pahami, dan laksanakan. Jangan menyepelekan peraturan, karena akan memiliki dampak buruk di kemudian hari.

Entah itu aturan kepemilikan Airsoft Gun yang dijual bebas di pasaran pun juga memerlukan peraturan.

Kaum Adam adalah pemilik dari airsoft gun, senapan mainan orang dewasa ini. Mereka tergila-gila dengan mainan Airsoft gun.

Akhirnya memiliki sendiri dan bahkan mengoleksinya. Hal tersebut adalah hal yang lumrah karena senapan bisa mewakili kejantanan dan keberanian kaum Adam.

Tetapi ternyata walaupun mereka sudah paham tentang cara mengoperasionalkan senapan, masih banyak dari mereka yang tidak tahu sama sekali tentang aturan kepemilikan Airsoft Gun yang sangat mengikat.

Memiliki airsfot gun ini sama artinya dengan kita memiliki senjata. Ini dikarenakan bentuknya yang seperti senjata laras panjang mirip aslinya serta bentuk pistol yang juga tidak kalah ganasnya.

Syarat kepemilikan Airsoft Gun

Berikut adalah beberapa syarat untuk memiliki airsfot gun :

Cukup umur. Harus dimiliki oleh orang dewasa. Tidak boleh anak-anak, di mana minumlah adalah berusia 18 tahun.

  • Dinyatakan sehat. Harus memeriksakan diri ke dokter. Tunjukkan surat kenyataan sehat saat pergi ke tempat kerja. Untuk mendapatkan hasil yang valid, bukan hanya mencari surat keterangan dari dokter saja, melainkan juga dari prikolog.
  • Memiliki surat ijin khusus untuk memiliki airsoft. Bukan sertifikat airsoft gun yang dimaksud. Melainkan kita bisa mendapatkannya dari Pengprov Perbakin. Surat ijin ini tidak mudah untuk didapatkan. Ada beberapa tes yang perlu dilewati. Jadi kita harus bersiap-siap. Tes yang dimaksudkan adalah tes menembak. Kita harus mahir dalam menembak, sehingga akan lebih mudah mengantongi surat ijin tag dimaksud.
  • Sebelum memilikinya Airsoft Gun, kita harus berhubungan langsung dengan kepolisian untuk mendapatkan catatan. Catatan kepolisian ini berbeda dengan SKCK. Di mana catatan kepolisian ini hanya berisi keterangan usia, yakni menyatakan bahwa usia kita sudah memenuhi syarat kepemilikan Airsoft Gun.Rentang usia yang ditentukan adalah antara 18 tahun sampai dengan usia 65 tahun. Di bawah usia itu atau melebihi sangat dilarang untuk memiliki senapan ini.
  • Persyaratan untuk memiliki airsoft gun tidak berhenti sampai di situ saja. Kita harus mengumpulkan foto juga. Foto harus berukuran 2×3 sebanyak 4 lembar. Tujuannya adalah untuk keperluan administrasi. Data kita akan diarsipkan dan dicetak dalam surat keterangan kepemilikan yang akan kita bawa bersamaan dengan Airsoft Gun. Berikan data yang tepat, jangan dipalsukan. Miliki senapan Airsoft Gun ini dengan persyaratan dan ketentuan yang telah ditetapkan.

Dasar hukum kepemilikan Airsoft Gun

Persyaratan yang dikeluarkan untuk mendapatkan Airsoft Gun ini sudah berdasarkan pada peraturan yang mengikat.

Di mana Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012, tentang Pengawasan dan Pengendalian Senjata Api untuk Olahraga telah mengaturnya dengan baik.

Kepemilikan Airsoft gun sangat kuat payung hukumnya. Harus digunakan sesuai dengan peraturan, yakni untuk koleksi atau olahraga.

Jika digunakan untuk kejahatan, maka kita akan mendapatkan sanksi atau hukuman.

Jabaran penggunaan Airsoft Gun

Kalau kita sudah tahu tentang aturan yang mengikat pada penggunaan senjata Airsoft, maka kita harus fokus pada penggunaaan yang telah ditentukan. Melanggar sedikit saja, sanksi siap mendera.

  • Airsoft gun digunakan untuk olahraga airsoft gun saja. Tidak digunakan untuk olahraga menembak yang lainnya, karena memang airsoft gun adalah senapan khusus untuk olahraga Airsoft Gun.Untuk melakukan olahraga softgun ini, kita menggunakan lapangan khusus. Ini adalah olahraga yang menantang dan menguji adrenalin. Suara letupan dari senapan Airsoft Gun menjadi hal yang akan mewarnai permainan kita.
  • Airsoft gun digunakan untuk koleksi. Banyak orang yang menyukai senapan. Berbagai macam senapan pun dimiliki untuk dipajang di rumah. Benda koleksi yang memuaskan hati, karena memang sesuai dengan keinginan.Koleksi dari senjata ini bisa dijual suatu saat. Keuntungan dan kepuasan akan berjalan beriringan dengan mengoleksi airsoft gun ini. Tidak harus digunakan untuk olahraga.

Kepemilikan Airsoft Gun ini bukan hal yang sepele. Kita harus benar-benar memamtuhi persyaratannya.

Jangan sampai ada yang dilanggar peraturannya, yakni airsoft gun hanya digunakan untuk barang koleksi dan olahraga.