Jenis Peluru Airsoft Gun Dengan Berbagai Ukuran Posted in: Pistols

Pada artikel sebelumnya penulis telah menjelaskan tentang beberapa jenis airsoft gun revolver dan elektrik.

Bagaimana dengan peluru airsoft gun? Tentu tidak semua yang tahu. Makanya penulis ingin menjelaskan seputar peluru airsoft gun yang cocok untuk kamu yang sudah punya senjata ini.

Sebelum penulis menjelaskan tentang jenis peluru airsoft gun. Alangkah baiknya kalian tahu jenis senjata airsoft gun yang kini beredar di pasaran saat ini.

1. Airsoft Gun Elektrik

peluru airsoft gun elektrik

Secara teknologi hampir semua airsoft gun menggunakan tenaga elektrik dalam pengoperasiannya.

Model senjata ini terbuat dari bahan logan dan juga plastik. Airsoft gun elektrik sangat cocok untuk kamu yang gemar perang-perangan.

Jenis senjata ini sepenuhnya mengandalkan tenaga baterai guna menggerakkan piston hingga melontarkan peluru.

Senjata elektrik ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya kamu tidak perlu mengayunkan dalam setiap tembakan.

Sedangkan kekurangannya kamu harus menyediakan stok baterai kalau sewaktu-waktu baterai habis.

2. Air Soft Gun Spring

peluru airsoft gun spring

Spring (per) yang berfungsi untuk menggerakkan peluru. Fungsi lainnya juga berguna untuk menolak peluru dengan sekuat tenaga hingga mengenai target.

Pemakaian senjata ini sangat mudah, kamu perlu sedikit mengayun senjata setiap melakukan tembakan.

Airsoft gun spring tidak menggunakan tenaga baterai, yang digunakan untuk menembak adalah gas. Spring berfungsi untuk mendorong peluru agar tepat sasaran.

3. Airsoft Gun Gas

peluru airsoft gun gas

Jenis airsoft gun gas biasanya menggunakan polysiloxane atau propane. Jenis gas yang digunakan pada senjata ini hampir sama dengan CO2. Sangat cocok untuk Kamu yang ingin tembakan yang cepat dan akurat.

Jenis peluru airsoft gun

1. Mimis

peluru airsoft gun

Mimis merupakan jenis peluru yang dipergunakan untuk senapan angin. Namun tidak menutup kemungkinan kalau peluru mimis juga dapat diperuntukkan pada jenis airsoft gun.

Dalam intrasi peluru ini lebih baik  dengan efek dapat kamu rasakan pada mimis seperti, akurasi atau daya penghancur yang lebih besar.

Berikut jenis peluru mimis yang penulis sarankan untuk membelinya:

  1. Black Sniper
  2. Sharp Diablo
  3. Round nose atau domed
  4. Hollow point
  5. Super dome
  6. USA

2. Gotri

peluru airsoft gun

Gotri merupakan jenis peluru yang diperuntukkan senjata air soft gun dan juga air gun.

Bahan gotri terbuat dari baja dengan ukuran 4,5 MM. Dalam intrasi pada target sangat akurat dan lebih baik dari peluru manapun. Daya penghancur peluru ini juga sangat powerful.

Uniknya kalau pun gas pendorong sudah hampir habis peluru akan tetap keluar. Peluru gotri dengan penjualan terbaik adalah gotri baja berwarna kuning.

Gotri terdiri dari 3 ukuran:

  1. 4,5 mm
  2. 6 mm
  3. 8 mm
  • BB 6 MM Metal / Non Metal

Ball Bearing (BB) berukuran 6 MM tersedia dengan beragam jenis seperti bahan plastic untuk latihan menembak atau skirmish.

BB ini menghasilkan ledakan layaknya petasan. BB ini merupakan peluru yang bisa meledak dan menghasilkan percikan api. BB cat untuk efek darah dan BB baja untuk daya hancur yang lebih besar.

  • Baikal

Buat kamu yang sedang mencari peluru dengan kekuatan serta akurasi sebaiknya menggunakan peluru jenis Baikal. Sehingga Baikal Makarov dinobatkan sebagai king of air gun.

  • Umarex

Umarex hanya digunakan untuk jenis senjata dengan spesifikasi terlengkap seperti senjata sniper, finishing yang halus serta kualitas material dan kualitas mekanisme terjamin.

Tidak sembarang senjata yang bisa menggunakan peluru umarex.

  • KWC

KWC merupakan jenis peluru yang menyerupai Baikal atau disebut dengan Baikal Makarov gen 5 new version.

Peluru ini terbuat dari bahan berkualitas baja berkualitas sehingga mampu menghancurkan objek apapun dalam sekali tembak dengan garansi 1 tahun.

  • Baikal Makarov  Gen 5 New Version

Ukuran peluru

Peluru airsoft gun terdiri plastik dan baja. Yang didasari dengan beragam ukuran diantaranya:

  1. 6 MM
  2. 4,5 MM
  3. 8 MM

Masing-masing peluru dengan berat, 0,12 gram, 0,25 gram, 0,30 gram dan peluru khusus beratnya mencapai 0,80 gram.

Peluru khusus tersebut tidak dapat digunakan untuk permainan war game karena bahan ukuran tersebut terbuat dari baja  dan kacayang mampu menghancurkan jenis objek apapun.

Sedangkan untuk ukuran 6 mm hanya terbuat dari bahan plastik sehingga aman untuk digunakan.

Bahan peluru

Masing-masing peluru jelas menggunakan bahan plastik, besi, baja dan kaca.

Namun disamping itu, ketika kamu ingin bermain war game sangat dianjurkan untuk menggunakan bahan yang terbuat dari plastik saja demi keamanan tim dan lawan.

Cara mengisi peluru

Kalian yang masih pemula tentu masih belum paham bagaimana cara mengisi peluru airsoft gun dengan spesifikasi senjata yang kalian miliki.

Mudah saja, ketika kalian membeli senjata airsoft gun kalian akan diajarkan bagaimana cara mengisi serta mengganti tabung gas pada senjata yang kalian beli.

Secara teknis mudah sekali, kalian hanya perlu selongsong dengan berbagai ukuran dari 6 mm. Kemudian memasukkan peluru jenis apa saja kedalam selongsong yang terpasang.

Harga peluru

Beragam jenis peluru yang tersedia sebagaimana yang telah penulis sebutkan diatas.

Sama halnya dengan harga yang dijual dipasaran juga bervariasi. Kalian hanya perlu menyesuaikan dengan spesifikasi senjata yang kalian miliki.

Jenis peluru BB plastik cenderung lebih murah dibandingkan dengan BB gotri. Perbedaan masing-masing harga menyesuaikan kualitas peluru. BB Bullet Metal 6 mm dijual dengan kisaran harga 100.000 – 300.000.

Sedangkan BB Bullet plastik dikisaran harga 50.000 – 100.000. Harga ini sudah maksimal. Harga ini sewaktu-waktu bisa berubah seiring perkembangan senjata.

Demikian ulasan seputar peluru airsoft gun yang dapat penulis sampaikan. Semoga tidak ada keraguan dalam menentukan jenis peluru yang cocok untuk jenis senjata airsoft gun yang kalian miliki.

Apabila ada kekurangan silahkan berikan masukan pada kolom komentar atau via WhatsApp yang telah penulis sediakan.