Hukum Memiliki Airsoft Gun di Indonesia Posted in: Uncategorized

Membela diri dengan menggunakan senjata itu sudah biasa. Bahkan sudah menjadi naluri manusia kalau senjata adalah pelindung diri.

Tetapi kalau berbicara tentang Airsoft gun, maka senjata yang kita bahas adalah tentang senjata mainan. Tetapi kita bebas mendapatkan ijin kepemilikan Airsoft Gun ini karena memang airsoft gun diperjualbelikan.

Namun dalam pembelian senjata airsoft ini ada prosedurnya sehingga tidak semua orang bisa memilikinya.

Mau membeli saja ada prosedur atau syaratnya. Ini berarti bahwa senjata airsoft ini bukan senjata biasa. Bukan senjata mainan biasa yang seperti kita ketahui.

Untuk membelinya, kita harus tunduk pada persyaratan. Untuk membawanya pun juga demikian.

Kita wajib mengetahui apa saja peraturan yang mengikat tentang tata cara pembawaan senjata airsoft gun setelah kepemilikan Airsoft Gun sudah kita dapatkan.

Tujuannya jelas, yakni untuk kenyamanan dan keamanan. Kenyamanan dalam menggunakan airsoft gun. Keamanan pun juga terjamin.

Syarat Membawa Airsoft Gun

Untuk mendapatkan ijin kepemilikan Airsoft Gun, dibutuhkan perjuangan. Ini dikarenakan senjata Airsoft gun ini adalah senjata mainan untuk orang dewasa.

Desainnya yang hampir sama dengan senjata api sungguha. Inilah yang menjadi alasan kuat agar kita berhati-hati dalam membawa senjata mainan ini.

Dari segi bentuk memang senjata Airsoft gun ini sengaja dibuat sama persis dengan senjata api.

Bisa juga dikatakan sebagai senjata api kw 10. Walaupun disebut KW, tetap saja temanya senjata api yang fungsinya untuk melindungi diri, sehingga sangat berbahaya.

Pada praktiknya, masih saja ada pemilik dari air soft gun ini yang melanggar.

Mereka membawa senjata airsoft sesuka hati kemanapun pergi. Alhasil ada beberapa kasus yang memberitakan adanya korban dari airsoft. Apalagi pelakunya masih remaja.

Itu adalah bukti bahwa ketidaktertiban dalam pembawaan airsoft telah disepelekan. Hasilnya, fungsi airsoft gun yang untuk mainan berubah menjadi semangat api yang membahayakan nyawa orang lain.

Aturan Membawa Airsoft Gun

Padahal pada praktiknya, senjata Airsoft gun ini digunakan untuk bermain Airsoft. Tetapi, karena juga dijual bebas, maka ada beberapa peraturan kepemilikan Airsoft Gun dalam hal membawanya:

  • Semuanya Airsoft Gun milik kita ini tidak boleh dibawa kemana-mana sembarangan. Lihat-lihat tempatnya ga akan kita datangi, karena airsoft gun ini bukan senjata untuk membela diri. Antisipasinya adalah agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Lebih baik membawanya saat ada event airsoft gun, seperti pameran, main Airsoft Gun di tempat khusus, atau yang lainnya.
  • Bawa serta surat ijin atau surat keterangan bahwa kita memang pemilik airsoft gun yang resmi. Setiap pembelian airsfot gun, kita harus mengurus surat kepemilikan Airsoft Gun. Jadi jangan hanya disimpan di rumah saja, bawa serta kemanapun kita membawa senjata airsoft gun.
  • Jangan dibawa utuh. Harus dibawa dengan cara terpisah. Saat nantinya digunakan untuk latihan, barulah dirakit kembali. Hal ini tujuannya masih sama, yakni untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.
  • Bawalah beserta sarung atau covernya. Jangan perlihatkan kalau kita sedang membawa senjata. Tetapi tetap jangan mencurigakan. Tetap tunjukan kepada petugas saat ada pemeriksaan. Tunjukkan beserta surat-suratnya.

Aturan-aturan tersebut harus diindahkan demi mendapatkan kenyamanan baik bagi diri sendiri maupun orang lain.

Landasan Pendukungnya

Pembelian Airsoft gun bukan sembarang. Pembeli akan benar-benar diwawancara tentang persyaratan sebelum meminang airsoft gun. Maka dari itulah cararmbawanya pun ikut diatur.

Aturan bawa airsoft gun bukan dibuat begitu saja. Bukan lagi dari pendapat. Pendapat yang kesannya masih meragukan karena masih ide satu pihak.

Padahal ada landasan hukumnya, yakni dari Surat Keputusan Kapolri Nomor SKEP/82/II/2004 . Surat Keputusan (SK) ini menjadi dasar untuk mengawasi pembawaan airsoft gun.

Isi dari SK tersebut adalah tentang pengawasan dan pengendalian senjata api non organik.

Dinyatakan bahwa TNI Polri benar-benar menekankan tentang kepemilikan senjata airsoft yang didalamnya sudah dirangkum dengan tata cara membawanya.

Walaupun airsoft gun merupakan senjata mainan, kepemilikan senjata air soft gun diatur secara ketat demi kenyamanan dan keamanan.

Jangan merasa berkuasa atau merasa hebat walaupun sudah mengantongi surat ijin kepemilikan Airsoft Gun, lalu membawanya dengan sembarangan. Tetap waspada dan patuhi aturan.