Penjelasan Lengkap Seputar Apa itu Airsoft Gun? Posted in: Pistols, Rifles

Airsoft gun merupakan salah satu replika senjata api yang dibentuk menyerupai bentuk aslinya. Salah satu fungsinya digunakan untuk olahraga atau permainan perang-perangan.

Mainan replika airsoft gun mengadopsi beragam jenis senjata yang ada di Dunia seperti, assault riffle, sniper, shotgun, revolver, pistol, submachine gun dan bazooka.

Meskipun tergolong kategori mainan, airsoft gun juga mampu menembakkan peluru plastik berukuran 6 mm baik satu persatu (single action) atau pun full automatic.

Pada dasarnya, airsoft gun digerakkan oleh hembusan gas CO2 yang dihasilkan oleh piston yang digerakkan oleh pengokang pada airsoft gun, motor yang digerakkan oleh baterai dan hembuasa gas pada jenis airsoft gun.

Hembusan angina dari gas CO2 tersebut, memutar BB berukuran 6 mm dalam laras airsoft gun agar laju Bb tersebut menjadi lebih akurat. Fasilitas ini disebut dengan hop-up, yang telah banyak diadopsi oleh mainan airsoft gun.

Jenis Airsoft Gun

Airsoft Gun Spring (per) diterapkan pada model airsoft gun jenis awal yang banyak diadaptasi oleh mainan jenis pistol. Keunikannya ada pada kokangan (slide), kamu hanya perlu mengokang pistol ini dan tinggal menembakkannya.

Apabila kamu ingin menembakkannya sekali lagi, kamu harus mengokangnya sekali lagi. Pada intinya, 1 x kokang, 1 x tembakan, 1  peluru.

Airsoft Gun Gas

Sesuai namanya, gas berfungsi untuk mendorong peluru BB berukuran 6 mm. Keunggulan jenis senjata  airsoft gun gas memiliki efek hentakan atau blowback yang memberikan sensasi tersendiri dibandingkan jenis lainnya.

Airsoft Gun gas yang non blowback memiliki power yang lebih kenang karena tenaga gas tidak difungsikan untuk menggerakkan slide blowback, sehingga kekuatan 100% digunakan untuk powernya.

Elektrik Gun

Jenis airsoft gun elektrik gun merupakan jenis senjata terbaru yang kini marak di dunia airsoft gun.

Dikenal sebagai elektrik gun karena mekanisme pendorong tenaganya digerakkan oleh motor (dynamo) yang dikendalikan oleh tenaga baterai untuk mendorong piston agar bergerak maju mudur guna mendorong BB 6 mm meluncur dari dalam laras.

Hukum Airsoft Gun di Indonesia

Airsoft gun disebutkan dalam peraturan kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012 tentang Pengawasan dan Pengendalian Senjata Api untuk Kepentingan Olahraga. Yang artinya adalah benda yang bentuk sistem kerja atau fungsinya menyerupai senjata api yang terbuat dari bahan plastik atau campuran yang bisa melontarkan Ball Bullet (BB) [pasal 1 nomor 255 Perkapolri 8/2012].

Sebagai tambahan, ada ketentuan hukum lain yang berkaitan dengan airsoft gun diantaranya:

  1. Airsoft gun hanya dapat digunakan untuk kepentingan olahraga menembak reaksi. Hal ini dinyatakan pada pasal 4 ayat (4)
  2. Airsoft gun hanya dapat digunakan di lokasi pertandingan dan latihan menembak. Hal ini dinyatakan pada pasal 5 ayat (3)
  3. Memiliki kartu tanda anggota klub menembak yang bernaung di bawah perbakin
  4. Usia kepemilikan airsoft gun minmal 15 tahun dan paling tinggi di usia 65 tahun
  5. Sehat jasmani dan rohani yang dibuktikan dengan surat keterangan dokter serta psikolog kepolisian
  6. Memiliki keterampilan menembak yang dibuktikan dengan surat keterangan yang disahkan oleh pengprov perbakin
  7. Wajib memiliki izin kepemilikan dari Kapolda U.P. Dirintelkam dengan tembusan Kapolres setempat, dilengkapi persyaratan Pasal 20 ayat (2)
  8. Izin penggunaan berlaku selama 1 tahun terhitung sejak tanggal dikeluarkan dan dapat diperpanjang tiap tahun. Hal ini ada pada pasal 29 ayat 9

Istilah yang Digunakan dalam Airsoft Gun

Beberapa istilah yang sering kita dengan seperti AEG, GBB, AEP, AEG, LPEG, EBB

AEG

AEG (Automatic Electric Gun) merupakan senjata bertenaga listrik, bisa riffle atau sub machine gun. Istilah ini dilengkapi dengan aksesoris dan komponen. AEG dirancang agar pemain semakin menikmati jenis senjata ini.

AEG menggabungkan dinamo dan baterai dioperasikan untuk menggerakkan piston yang menghasilkan tekanan udara. Hal ini memungkinkan untuk menembak seketika saat pelatuk ditekan, dan secara otomatis peluru akan menembak keluar. AEG merupakan jenis senjata yang paling populer dalam dunia airsoft gun.

GBB

GBB (Gas Blow Back) salah satu produk paling efektif dalam kinerja senapan riffle. Peluru didorong oleh tekanan dari gas oksigen (o2). Green gas semakin berkembang dan banyak digunakan oleh pecinta airsoft gan GBB. Semua GBB diproduksi dengan kualitas tinggi.

AEP

AEP (Automatic Electric Pistol) jenisnya sama dengan AEG namun berbentuk pistol rata-rata menggunakan gearbox besi.

EBB

EBB (Electric Blow Back) jenisnya sama seperti AEP, karena jenis ini menggunakan gearbox plastic, dengan efek blow back sama seperti GBB yakni bagian slide bergerak mundur saat ditembakkan.

LPEG

LPEG (Low Power Electric Gun) sama halnya dengan jenis AEG yang menggunakan Gearbox plastic sehingga kecepatan pelurunya terbatas, jenis ini sangat cocok untuk pemula.

Perbedaan Airsoft Gun dan Air Gun

Kedua jenis replika senjata api airsoft gun atau pun air gun jika dilihat memang hampir serupa, banyak diantara kalian yang masih bingung membedakan antara airsoft gun dan air gun. Berikut adalah perbedaan airsoft gun dan air gun.

Aisoft Gun:

  1. Sebuah senjata mainan atau alat olahraga yang menggunakan tenaga per, green gas dan baterai
  2. Kecepatan peluru maksimal 420 FPS
  3. Menggunakan Peluru Plastik berukuran 6 mm
  4. Besaran Joule 0,5 sampai 1,5 joule
  5. Difungsikan untuk simulasi perang perangan sama seperti paint ball

Air Gun:

  1. Tenaga menggunakan CO2
  2. Kecepatan Peluru minimal 700 FPS
  3. Menggunakan peluru jenis mimis, gotri berukuran 4,5 dan 6 mm
  4. Besaran joule 3 – 5 bahkan bisa lebih dari ini
  5. Air gun berupa pistol dan sub machine gun
  6. Difungsikan untuk memburu hewan atau latihan menembak objek lain seperti kaca, dan besi

Dampak terkena airsoft gun dan air gun juga berbeda tentunya. Apabila terkena tembakan airsoft gun, hanya berbekas memar merah di bagian kulit, sementara air gun dapat melukai dan menghancurkan benda seperti kaca.

Jenis senjata air gun merupakan jenis replika senjata api yang mematikan, peluru yang digunakan bisa dimodifikasi sehingga bisa meledak.

Demikian uraian seputar apa itu airsoft gun. Semoga lebih mudah dipahami. Apabila ada kritikan dan saran seputar apa itu airsoft gun, silahkan meninggalkan pesan melalui kolom komentar yang tersedia.

Bagi kalian yang ingin bertanya seputar cara merawat airsoft gun atau cara mengorder airsoft gun silahkan hubungi kami via WhatsApp yang telah kami sediakan.