10 Daftar Perlengkapan Aksesoris Airsoft Gun Posted in: Pistols, Rifles

Kalian yang telah memiliki airsoft gun sendiri akan merasakan sensasi percaya diri bukan? Hal ini disebabkan karena airsoft gun merupakan replika senjata api yang memiliki penampilan layaknya pistol asli.

Hal ini dikarenakan tidak sedikit orang yang ingin memiliki airsoft gun sebagai salah satu bagian dari gaya hidup atau menjadi salah satu cara untuk alat bela diri. Sebagian pecinta airsoft gun juga memanfaatkan ini untuk koleksi.

Setelah kalian membeli airsoft gun, kalian juga tertarik untuk memiliki aksesoris lain untuk melengkapi koleksi airsoft gun yang kalian miliki bukan? Lalu, apa saja jenis aksesoris yang kalian butuhkan untuk perlengkapan airsoft gun yang kalian punya? Simak ulasannya.

Aksesoris irsoft gun

Airsoft gun terdiri dari beragam jenis, salah satu yang terpenting adalah peluru (BB). BB terdiri dari dua yaitu, gotri dan mimis. Masing-masing terbuat dari besi, plastic dan juga timah. Disini penulis akan rincikan beberapa aksesoris yang kalian butuhkan untuk airsoft gun yang telah kalian miliki saat ini.

1. Peluru

Peluru yang diperlukan untuk airsoft gun sebenarnya bukanlah peluru sungguhan. Peluru-peluru ini dibuat dari bahan-bahan yang aman, sehingga memiliki daya penghancur yang lebih rendah dibandingkan peluru aslinya.

Jenis peluru airsoft gun yang digunakan terdiri dari beberapa bagian, mulai dari jenis plastic, Columbia, aluminium, kaca atau goldenball. Masing-masing jenis tidak memiliki daya penghancur yang kuat namun tetap diatas pengawasan orang dewasa.

Harga masing-masing peluru (BB) kalian hanya perlu mengeluarkan uang sebesar 120 – 170 ribu rupiah.

2. Gas

Aksesoris airsoft gun lainnya adalah gas. Gas berguna untuk sumber tenaga pada airsoft gun. Gas menjadi aksesoris paling penting dalam airsoft gun yang memiliki daya ledak. Gas yang paling banyak digunakan adalah CO2.

Jenis gas ini dibentuk pada sebuah tabung kecil agar mudah dipasang pada tempatnya. Gas ini dimasukkan pada tabung dan diisikan di bagian gagang pistol agar dapat menghasilkan efek ledakan yang mirip dengan tembakan asli.

3. Kaca Mata

Kaca mata sangat berfungsi untuk permainan airsoft gun. Ini menjadi aksesoris penting untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan sebagai pengguna airsoft gun atau pecinta olahraga menembak.

4. Rompi

Rompi berguna untuk menghindari peluru yang mengarah pada bodi pemain airsoft gun. Alat ini menjadi salah satu aksesoris yang dibutuhkan sebagai pecinta airsoft gun.

5. Mono Sight

Mono Sight berguna untuk menambah akurasi tembakan airsoft gun Kamu. Buat kamu yang ingin tembakan agar tidak meleset, sebaiknya gunakan mono sight sekarang.

6. Schalldampfer (peredam)

Aksesoris lainnya adalah schalldampfer (peredam) yang berfungsi untuk menambah akurasi tembakan dan jarak tembak pada airsoft gun yang kamu punya. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan flash hider yang berukuran panjang.

7. Grip

Grip berguna untuk mengurangi efek recoil bagi pengguna airsoft gun GBB (Gas Blow Back). Aksesoris ini juga berfungsi untuk meningkatkan kenyamanan kamu saat menembak.

8. Bipod

Bipod juga difungsikan untuk mengurangi recoil juga. Bedanya, aksesoris ini hanya dapat digunakan pada saat kamu tiarap.

9. Helm Tactical

Helm ini sekaligus terpasang kacamata. Untuk menghindari hal-hal yang buruk. Sebaiknya menggunakan helm tactical.

10. Sarung (Holster)

Sarung ini berfungsi untuk meletakkan airsoft gun. Bisa dipasang dimana kalian suka, seperti dipinggang  atau pun dikaki.

Tips merawat Airosft Gun Gas

  1. Berikan pemulam disetiap bagian airsoft gun CO2 yang bergerak menggunakan silicone oil (Hindari penggunaan pelumas dari bahan selain silicone oil)
  2. Semprotkan silicone oil ke dalam top nozzle setiap penggunaan 5- 7 kali penggunaan
  3. Selama penggunaan, sisakan gas CO2 di dalam magazine
  4. Hindari penyimpanan magazine airsoft gun dalam kondisi atau kosong sama sekali
  5. Selalu gunakan BB berkualitas
  6. Hindari penggunaan airsoft gun CO2 dalam cuaca dingin
  7. Hindari menekan valve pengisian gas CO2 pada magazine untuk mengosongkan gas
  8. Hentikan pengisian berlebihan pada gas CO2
  9. Servive rutin setiap 20.000 kali tembakan

Cara Merawat Airsoft Gun AEG

  1. Kosongkan baterai setelah airsoft gun digunakan atau akan disimpan dalam jangka waktu yang lama
  2. Charger baterai menggunakan charger original bukan KW
  3. Bersihkan airsoft gun setiap 1000 – 2000 tembakan
  4. Bersihkan magazine dengan menggunakan lap kering
  5. Simpan airsoft gun AEG ditempat yang kering dan aman dari jangkauan anak-anak
  6. Service setiap 20.000 tembakan ke tempat service yang professional
  7. Ganti roda gigi utama setiap 20.000 tembakan
  8. Gunakan BB yang berkualitas

Cara Mengganti Magazine Airsoft Gun yang Bocor

Hal ini akan kalian temukan apabila tidak memperhatikan selama penggunaan airsoft gun. Salah satunya gas mudah bocor. Berikut ini solusinya

  1. Ganti Seal Magazine

Jika mengalami kebocoran pada magazine, kamu dapat memperbaiki kebocoran dengan mengganti seal yang rusak. Proses pergantian seal magazine memang sedikit rumit, maka, sebaiknya mengganti seal magazine langsung kepada pihak service agar tidak terjadi kerusakan lainnya.

  1. Ganti Magazine

Setelah seal diganti, namun magazine masih tetap bocor, itu artinya kebocoran magazine bukan disebabkan oleh kerusakan seal. Kamu perlu mengganti magazine secara keseluruhan. Caranya, kamu bisa membeli di toko-toko yang menjual sparepart airsoft gun.

Jika dibandingkan dengan mengganti seal atau magazine secara utuh, lebih mudah mengganti magazine ketimbang seal magazine. Secara detail, kamu bisa mengganti sendiri tanpa menggunakan jasa service.

Demikian uraian seputar aksesoris airsoft gun yang bisa penulis sampaikan. Jika ada kekurangan dan kelebihan kata, kalian bisa berikan masukan dalam kolom komentar yang telah tersedia. Begitu juga dengan kritikan dan saran silahkan tinggalkan komentar di bawah ya.

Semoga artikel ini menjadi penambah wawasan untuk semua pecinta airsoft gun dari pemula hingga yang master. Maju terus olahraga airsoft gun. Semangat terus untuk berlatih,